Senin, 12 November 2012

APA ITU BISNIS





NAMA : TIRA MAHARANI KUSUMIHATI
KELAS : 1EB22
NPM : 27212398


APA ITU BISNIS ???

Apa itu Bisnis? Pasti anda akan menjawab Bisnisadalah usaha, Bisnis itu memutar uang kita untuk memperoleh keuntungan, atau ada yangmenjawab Bisnis adalah menjual barang gunamemperoleh Keuntungan (Profit). Semua jawaban itu benar, tetapi arti sebenarnya dariBisnis adalah usaha menjual barang atau jasayang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen(masyarakat) dengan tujuan utamanya adalahmemperoleh keuntungan/laba (profit).Pada dasarnya, Kita melakukan bisnis adalahuntuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).Sebenarnya tidak hanya itu, masih ada lagi beberapa fungsi dari bisnis yaitu :
·         Memenuhi kebutuhan masyarakat,
·         enciptakan nilai suatu produk menjadi produk yang lebih berguna
·         menambah lapangan pekerjaan, untuk memulai bisnis,kita memerlukan tenaga kerja
·         Menambah pemasukan Negara, berupa pajak yang kita bayarkan, dalam bisnis menengahdan besar,perusahaan diwajibkan membayar pajak.Seperti pada pengertian Bisnis,Bisnis itu dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atauorganisasi. Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang siapa saja yang melakukan bisnis atau biasa disebut dengan Dasar Kepemilikan Bisnis. Umumnya Dasar kepemilikan bisnismencakup :


1.       Perusahaan perseorangan
adalah biasanya bisnis ini dimiliki oleh satu orang.


2.       Persekutuan
adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja samamengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Persekutuan dapatdikelompokkan menjadi
persatuan komanditer dan firma.


Perseroan
adalah bisnis yang dimiliki oleh beberapa orang dan diawasi oleh direktur.



Koperasi
adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasidengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakanekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Ada banyak macam bisnis yang umumnya kita ketahui, macam - macam bisnis ini dapatdikelompokkan berdasrkan aktivitasnya, yaitu :



Manufaktur
adalah bisnis ini kegiatannya memproduksi
 produk 
yang berasal dari
 bahanmentah
dengan bahan bahan pendukung, kemudian dijual untuk mendapatkankeuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil, motor, elektronik.



Jasa
adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungandengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalahkonsultan dan psikolog.



Pengecer dan distributor
adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. Contok toko waralaba.


Bisnis Pertanian dan Pertambangan
adalah bisnis yang memproduksi barang-barangmentah, seperti tanaman dan barang tambang seperti minyak bumi, batu bara.


Bisnis
financial

adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari kegiatan investasi dan pengelolaan
modal
.


Bisnis informasi
adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (
intelellectual property


Utilitas
 adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.


Bisnis
real estate
adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual,menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.


Bisnis
transportasi
adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan caramengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. ContonyaTravel.Setelah kita melihat siapa saja pelaku bisnis dan apasaja macam macam bisnis, ternyata bisnis dapatdilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan denganapa saja.

Maksudnya adalah untuk memulai suatu bisnis, semua orang dapat melakukan bisnis, termasuk kita seorang mahasiswa atau pelajar. Sebagaimahasiswa atau pelajar tentu kita tidak mempunyai modal yang cukup banyak untuk berbisnis yang sifatnya menengah atau besar, tetapi kita bisa berbisnis kecil-kecilan dengan modal yang sesuai dengan kantong kita tanpa meminta bantuanorang tua. Dalam memulai bisnis kita juga tidak perlu menggunakan peralatan dan perlengkapanyang banyak.Sebagai contoh, bisnis Penjualan Pulsa Elektrik. Bisnis ini dapat dilakukan oleh kita seorangmahasiswa atau pelajar. Karena bisnis ini cukup menguntungkan tetapi hanya membutuhkanmodal yang sedikit. Dalam bisnis ini, kita hanya membutuhkan Handphone sebagai alattransaksinya. Selain itu, kita hanya mengeluarkan uang yang berkisar antara 200.000 sampai300.000 rupiah untuk pengisian saldo pulsanya. Tidak banyak bukan? Hanya dengan Handphonedan uang yang tidak banyak, kita sudah mendapatkan keuntungan yang dapat menambah uang jajan kita. Bisnis ini juga tidak perlu menyewa toko,ataupun buka counter, sebab bisnis inimenggunakan Handphone yang dapat dibawa kemana-mana, dan dapat dilakukan dimana saja.Contoh lainnya adalah usaha pembuatan tas dan dompet dari bungkus sabun cuci baju dan cuci piring.

Mungkin sebagian orang menganggap remeh barang itu. Kalau kita dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan sampah ( bungkus sabun cuci baju dan piring ), kita dapat memperolehkeuntungan yang lumayan. Bungkus sabun cuci baju dan piring ternyata dapat dijadikan bendayang memiliki nilai guna yang baik, seperti tas dan dompet. Bungkus sabun cuci baju dan piringkita bersihkan, kemudian dijahit membentuk pola tas atau dompet. Hanya dengan modal yangtidak banyak dan cara yang mudah, kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Selain itukita mengurangi sampah yang ada disekitar kita, berarti kita sudah ikut berperan aktif dalammenjaga lingkungan sekitar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar